Minggu, 01 Mei 2011

E-Commerce

 Electronic Commerce 
(E-Commerce)

Didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan  jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari  beberapa perspektif, yaitu:Dari perspektif komunikasi,  E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya; Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju  otomatisasi transaksi bisnis dan work flow; Dari perspektif  pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya  dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan Dari perspektif  online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli   produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.  Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of  Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce  didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa  melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.  Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat,  serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet). Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor  pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global  yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga  memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan  yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer  perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis  dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini  internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan  menjalankan  bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan  pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan  sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang  singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi  bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara  elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara  cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.  Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan  sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan  dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul  akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat  memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi  biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar